Thursday, June 30, 2005

Sekedar renungan

Sebuah nasehat dari imam Al Ghazali dalam rangka menimbang-nimbang umur dan amalan kita. Sebesar apakah amalan kita untuk waktu yang sedikit ini. Beliau mengajukan enam pertanyaan fundamental bagi kehidupan manusia, kepada murid-muridnya.
1. Apa yang paling dekat dengan diri kita?
Murid2nya menjawab: Ayah, Ibu, Kerabat, Guru dan Sahabat. Tentu saja dalam kadar tertentu itu benar tapi imam Al Ghazali menjelaskan bahwa yang paling dekat dengan kita adalah kematian, sebab kematian adalah sebuah kepastian sebagaimana janji Allah dalam QS Ali Imran ayat 185.
2. Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?
Murid2nya menjawab: negeri Cina, bulan, bintang dan matahari. Tapi imam Al Ghazali menjelaskan yang paling jauh dari kita adalah masa lalu. Bagaimanapun kita berupaya dan apapun sarana yang kita gunakan, tetap kita tidak bisa berangkat ke masa lalu.
3. Apakah yang paling besar di dunia ini?
Murid2nya menjawab: gunung, bumi, matahari. Imam Al Ghazali membenatrkan namun menjelaskan bahwa yang paling besar di dunia ini adalah hawa nafsu, maka hati2lah jangan sampai hawa nafsu menjerumuskanmu ke dalam api neraka (QS Al A'raf ayat 79).
4. Apakah yang berat di dunia ini?
Yang dijawab oleh murid2nya dengan berbagai jawaban. Namun beliau menjelaskan bahwa yang paling berat adalah memegang amanah (QS Al Ahzab ayat 72).
5. Apakah yang paling ringan didunia ini?
Dan beliau menjelaskan bahwa yang paling ringan adalah meninggalkan shalat, manusia menciptakan berbagai uzur untuk meninggalkan berbagai kewajiban shalatnya.
6. Apakah yang paling tajam di dunia ini?
Dan jawabannya adalah lidah manusia, sebab dengan lidah, manusia gampang melukai hati saudaranya sendiri.

0 yang bicara: