Saturday, October 31, 2009

Halloween Day

31 Oktober, Halloween day. Sudah sejak lama saya mendengar tentang halloween day, meski tidak pernah tergerak untuk merayakannya. Tapi semenjak maen Pet Society, salah satu game yang ada di fesbuk, saya semakin penasaran dengan halloween day. Pasalnya, item-item halloween yang ada di pet society semuanya lucu-lucu tapi mahal :(

Setelah coba-coba search di wikipedia, akhirnya saya dapet definisi dari Halloween.
Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut adalah semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili." Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun.
Menurut sejarahnya, halloween berasal dari festival Samhain (dari bahasa Irlandia Kuno samain) yang dirayakan orang Kelt zaman kuno yang menganut paganisme. Simbol halloween adalah labu yang diukir membentuk wajah menyeramkan dan disebut jack o'lantern.

Halloween diidentikkan dengan penyihir, burung hantu, setan, kucing hitam, kelelawar dan lain-lain hal yang sejenis. Bagi anak-anak di Amerika, Halloween berarti kesempatan memakai kostum Halloween dan mendapatkan permen, sedangkan bagi orang dewasa adalah kesempatan berpesta kostum.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak yang ikut merayakan pesta Halloween baik anak-anak maupun orang dewasa. Menurut liputan6, di Jakarta diadakan pesta halloween dengan menggunakan kostum-kostum yang unik.

0 yang bicara: