Thursday, July 16, 2009

Beda Notebook dan Netbook

Sebut saya gaptek, sebut saya gagap istilah atau apapun itu, tapi saya memang baru tau HARI INI, JAM INI, DETIK INI, bahwa selain notebook, ada juga yang di sebut dengan netbook. Setelah search kiri kanan, akhirnya saya paham beberapa perbedaan mendasar antara dua item tersebut.


Notebook sering juga disebut Laptop, pada umumnya memiliki ukuran layar minimal 10 inch dan masksimal 17 inch. Sedangkan Netbook lebih kecil daripada Notebook, ukuran layarnya berkisar antara 7 - 10 inch. Karena ukuran yang kecil, tentu saja Netbook tidak memiliki optical disk drive dan hanya mengandalkan slot USB.

Perbedaan lainnya adalah pada fungsi dan kegunaannya. Penggunaan Netbook lebih ditekankan pada aplikasi internet dan wireless communication. Karna itulah setiap Netbook harus memiliki fasilitas wi-fi. Netbook lebih cocok digunakan untuk berinternet, mengetik, mendengarkan musik ataupun video, sedngkan Notebook lebih ke hal-hal yang membutuhkan resolusi tinggi atau untuk menciptakan suatu konten seperti mengedit video dan gambar, desain grafis dan lain-lain.

Menurut saya sih, netbook memang lebih di peruntukkan untuk para pengguna pemula misalnya anak sekolah ataupun Ibu Rumah Tangga, sedangkan Notebook buat para pengguna yang lebih expert. Agak useless saja menurutku bila menggunakan Notebook Core To Duo untuk sekedar mengetik di word ataupun ngefesbuk dan chatting. Tapi, kembali lagi ke kenyamanan masing-masing pengguna, klo lebih nyaman menggunakan layar yang lebih lebar ya why not :D

2 yang bicara:

andi said...

blognya menarik dan tulisannya juga bagus2!

epe said...

soo ..
klo mnurut lo ?
buat kita2 mahasiswa yg ngekos nii
bgusan notebook atau netbook ?!?