Thursday, July 30, 2009

Tentang sedekah, maaf dan terima kasih


- tentang sedekah -
Kemarin, entah bagaimana caranya saya 'tersesat' di blog deen. Saya tersadar, sudah lama skali saya tidak pernah berkunjung ke blog itu, semenjak saya malas blogwalking, padahal blog ini pernah menjadi blog favorit selain blog punya daeng Rusle. Saya selalu suka cara deen menulis, indah dan penuh makna. Dan kemarin, kembali saya tertampar oleh sebuah postingan di bulan Mei "Upah lupa sedekah'. Saya tiba2 teringat berminggu yang lalu, ketika sedang makan bubur ayam di pinggir pantai berdua intan dalam keadaan basah kuyup, dan seorang anak penjual koran datang menghampiri. "korannya, kak", "nda ji dek" kata saya sambil melambaikan tangan. "Tolong beli kak" katanya memelas, dan saya dengan angkuhnya tetap mengatakan 'tidak' bahkan tanpa menoleh memandang wajahnya yang saya yakin, pasti memohon. Beberapa kali dia mengulang kata itu, dan saya tetap bilang, tidak!
Alangkah angkuh dan sombongnya saya, tak ada niat untuk berbagi rejeki dan menolong seorang adek kecil yang mungkin saja membutuhkan uang untuk membeli makanan, atau bayar sekolah atau apapun kebutuhan lainnya. T_T Maafkan ya Allah ... Benar kata deen "Seolah2 hati ini telah mengeras dan membatu hingga setiap mata mengiba dan tangan berharap tidak kunjung mampu menggugah kepedulian sy"

- tentang maaf -
M.A.A.F, hanya 4 huruf ya, tapi alangkah susahnya mengeluarkan 4 huruf itu. Insiden dengan teman kemaren mengingatkan saya, betapa saya hanya butuh kata maaf, dan semua masalah akan beres. Saya akan melupakan dan semua akan kembali berjalan seperti semula. Hanya itu. tetapi kemudian saya tersentak. Jika hanya untuk hal sekecil itu saya membutuhkan kata 'Maaf', bagaimana denga kesalahan lainnya yang telah saya lakukan kepada teman yang lain dan saya tidak pernah mengucap maaf untuk itu?? T_T Maafkan saya.

- tentang terima kasih -
Kelihatannya sepele ya, hanya mengucapkan kata terima kasih saja. Tapi terkadang kita tidak sadar, kata ini sangat besar artinya buat orang yang ditujukan. Kenapa saya tidak pernah membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih kepada setiap hal kecil yang telah dilakukan orang lain untuk saya? atau setiap jasa yang telah gunakan? Maafkan saya T_T

1 yang bicara:

deen said...

;) kembali kasih jeng Nanie. Hmm, kira2 kapan bs ketemuan ma Nanie ya? ;-?